Senin, 11 Maret 2013

Tugas Lembaga Keuangan Perbankan

LEMBAGA KEUANGAN PERBANKAN

Untuk membahas tentang materi ini, hal terpenting yang sangat berkaitan adalah uang.
Berikut manfaat uang adalah:
-    Sebagai alat ukur
-    Satuan hitung
-    Kekayaan dan kemakmuran

Dalam kehidupan sehari-hari manusia mempunyai pendapatan dan kebutuhan yang beragam. Dan tidak setiap manusia mempunyai pendapatan dan kebutuhan yang sama. Sehingga menimbulkan adanya orang yang kelebihan uang / yang meminjamkan(A) dan yang kekurangan uang/yang di pinjamkan (B).

Untuk mencari solusinya, hal pertama yang penting adalah adanya perkenalan dengan orang dan adanya kepercayaan. Setelah dua faktor itu ada, kita dapat melakukan transaksi tersebut.
Sebagai orang yang berlebihan uang/ yang meminjamkan (A)

Untuk mengalokasikan uang tersebut  agar lebih bermanfaat, dapat di simpan di bank dalam bentuk:
-    Tabungan (i1 )
-    Giro (i1 )
-    Deposito (i1 )
Sebagai orang yang kekurangan uang/ yang di pinjamkan (B)
-    Untuk solusinya B ini dapat meminjam uang ke bank (i2 )
      •    Kredit

Selain bank untuk menjadi perantara atau solusi permasalahan A dan B adalah dengan bertemunya A dan B dalam suatu tempat yang dinamakan pasar modal (i3) .

Di dalam pasar modal terdapat:
-    Saham
adalah suatu surat berharga yang berisi satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan.
    a. Deviden
    adalah pembagian kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.
    b. Capital gain
      adalah keuntungan yang diperoleh pemegang saham, ketika menjual sahamnya atau dengan kata lain selisih antara harga jual dengan harga beli.

-    Obligasi (hutang)
              Adalah surat berharga atau sertifikat yang berisi kontrak pengakuan hutang atas pinjaman yang diterima oleh penerbit obligasi dari pemberi pinjaman (pemodal).
Ex: pinjam uang 9juta mengembalikan uangnya 10juta. Perbedaannya adalah 10% (i), sehingga 10% tersebut dinamakan diskonto

Sehingga i3 < i2
Mengapa demikian? Pasar modal harus lebih rendah daripada bank, karena apabila di dalam pasar modal lebih rendah daripada bank, A akan banyak membeli saham atau obligasi dalam pasar modal

i1 < i 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar